Tips Naik Kapal Laut ala Backpacker




Selain transportasi darat dan udara, bila Anda ingin berwisata ke pulau lain di Indonesia, kapal laut bisa menjadi pilihan Anda.

Contohnya bila Anda melakukan perjalanan dari pulau Jawa ke Kalimatan, Nusa Tenggara Timur, ataupun pulau-pulau lainnya. Anda dapat menggunakan kapal laut yang biaya perjalanannya jauh lebih murah dibandingkan pesawat udara.

Meskipun perjalanan memakan waktu yang lebih lama, Anda juga dapat menyiasati perjalanan laut Anda jadi lebih menyenangkan. Untuk kelas VIP, jelas Anda akan mendapatkan kenyamanan dengan mengeluarkan kocek lebih besar.

Nah bagaimana bila Anda memilih kelas ekonomi yang biasa menjadi pilihan para backpacker? Perhatikan tips berikut supaya perjalanan laut ala backpacker Anda menjadi lebih menyenangkan dan anti stres.

Bawa obat dan air mineral. Anda perlu membawa obat anti mabuk seperlunya, air mineral botol besar sebanyak lebih dari 3 botol karena Anda akan sangat dehidrasi di perjalanan, dan jangan menggunakan perhiasan yang dapat mengundang kejahatan.

Cari kenalan. Bila Anda berpergian sendirian, usahakan Anda mencari kenalan yang pergi secara rombongan atau lebih dari satu orang.

Hal ini berguna apabila sewaktu-waktu Anda ingin pergi meninggalkan barang sebentar untuk pergi ke toilet ataupun makan. Sehingga Anda dapat meminta bantuan untuk menitipkan barang bawaan Anda.

Namun bila Anda pergi beramai-ramai, tentunya Anda dapat mempermudah dalam menjaga barang bawaan satu sama lain.

Hati-hati copet. Pada saat naik ke atas kapal pastikan dompet Anda tidak diletakkan di saku belakang. Letakkan di tempat yang aman dari pencopet karena Anda akan berdesakan saat naik ke atas kapal.

Bawa alas tidur sendiri. Untuk jaga-jaga bawalah tikar atau alas tidur yang nyaman dan mudah dibawa seperti busa tidur atau bawalah sleeping bag.

Hal ini mengantisipasi jika Anda tidak mendapatkan fasilitas kasur di atas kapal. Sehingga Anda tetap dapat tidur dengan nyaman.

Usahakan Anda juga pergi bersama teman-teman Anda ataupun berkenalan sebelum naik ke atas kapal. Karena jika Anda membeli tiket untuk kelas ekonomi, Anda harus berebutan kasur.

Nah bila Anda bersama rombongan, bagi tugas siapa yang mengambil kasur dan siapa yang mencari posisi nyaman untuk tidur. Seringkali, tempat tidur sudah penuh.

Mau tidak mau, Anda harus mencari tempat kosong seperti di ruang kecil untuk peralatan pantry, pojok ruangan bawah televisi, dan sebagainya.

Berhati-hatilah pula dengan calo kasur. Calo kasur adalah orang yang naik duluan ke atas kapal dan menumpuk kasur di bawah pengawasannya.

Ia seringkali meminta bayaran atas kasur. Padahal saat kapal mulai berlayar, kita juga akan ditarik bayaran resmi oleh Pelni.

Selalu sediakan kain lap atau serbet yang nantinya dibasahi. Gunanya untuk membersihkan kasur maupun tempat tidur sebelum digunakan.

Bawalah lauk yang tahan lama dari rumah. Seperti misalnya abon, sambal goreng ataupun telur asin.

Dapat dipastikan bahwa kualitas makanan di kelas ekonomi kurang baik. Di kelas ekonomi akan disediakan nasi, telur dadar, ikan, ayam, dan sayuran.

Sebaiknya Anda dapat mengambil nasi atau telur dadar saja karena lauk lainnya apalagi sayuran sudah tidak terlihat segar karena terlalu lama disimpan di freezer kapal sejak pertama kali jalan.

Kenali waktu makan. Perhatikan waktu makan yaitu jam 6 pagi, jam 11 siang, dan jam 6 sore karena antriannya akan panjang bila Anda tidak segera ke pantry.

Boleh saja menunggu sampai antrean terakhir. Namun, resikonya lauk habis kecuali nasi dan telur dadar yang selalu berlebih. Kondisi WC agak memprihatikan. Awalnya memang terlihat bersih dan bagus namun selama perjalanan kondisinya menjadi lebih buruk karena dipergunakan oleh banyak orang.

Bersiaplan dengan kondisi WC di atas kapal. Keadaan seperti air tidak mengalir, flush tidak menyala, pintu tidak bisa dikunci, dan kotor itu mungkin yang akan Anda alami.

Oleh karena itu cek dahulu apakah airnya mengalir. Kemudian janganlah makan terlalu banyak atau yang menyebabkan sakit perut, agar Anda tidak repot bolak-balik kamar mandi.

Titipkan barang Anda. Jangan membawa barang berharga Anda saat ke kamar mandi. Lebih baik Anda titipkan teman Anda.

Bisa juga Anda titipkan ke ruang informasi yang menyediakan jasa penitipan gratis. Bila Anda berada di kamar mandi, harus selalu siap sedia dengan perubahan posisi kapal.

Nikmati fasilitas yang ada di kapal. Bila jenuh, ada beberapa fasilitas yang dapat Anda nikmati. Anda dapat menonton film di bioskop di dalam kapal, ke kafeteria, ataupun menikmati laut di sisi kapal.

Adapula tempat beribadah. Untuk menikmati laut di sisi kapal, biasanya di dek depan ruang nahkoda tersedia kursi untuk menikmati pemandangan laut dan semilir angin laut.

Berhati-hatilah! Tentu saja di setiap perjalanan baik darat, udara, ataupun laut tetap rawan kejahatan bila Anda tidak waspada. Bila Anda tidak menitipkan barang Anda, janganlah terlalu berlebihan dalam menjaga tas Anda.

Bersikaplah seolah-olah tak ada barang berharga dalam tas Anda. Waspada pula dengan orang-orang di sekitar Anda terutama apabila sikapnya mencurigakan