Voyager of The Seas, Kapal Pesiar yang Sangat Besar


Untuk pertama kalinya kapal pesiar asal Amerika, Voyager of The Seas, berlayar di Asia dengan rute Singapura-Malaysia-Thailand. Yuk, kita lebih mengenal si kapal pesiar terbesar di Asia ini.

Voyager of The Seas memiliki panjang 311 meter dan lebar maksimal sekitar 47,4 meter. Tinggi kapal ini mencapai 63 meter dengan jumlah lantai atau dek sebanyak 15. Berat kotornya sekitar 138 ton. Kapal milik perusahaan Royal Caribbean International yang berbasis di AS ini memiliki kecepatan 43,9 km/jam.

Proses produksi kapal ini dimulai pada 1997 silam. Setahun kemudian, tepatnya November 1998, kapal yang diproduksi Aker Finnyards di Turku, Finlandia, ini kemudian diluncurkan. Nah, pada 29 Oktober 1999 kapal diserahterimakan kepada pemiliknya.

Kapal ini sanggup menerima 3.114 penumpang dengan 1.180 kru. Sehingga secara total, kapal ini bisa mengangkut 3.840 orang! Dengan spesifikasi itu, Voyager of The Seas merupakan salah satu kapal penumpang terbesar di dunia. Kapal-kapal penumpang terbesar lainnya adalah Cunard Line Queen Mary 2, Norwegian Epic, Royal Caribbean International Freedom dan Oasis.

Voyager of The Seas menawarkan kabin atau kamar-kamar mewah berbagai tipe untuk para penumpangnya. Hampir semua kamar memiliki balkon dengan pemandangan laut lepas. Di setiap kamar terdapat kamar mandi yang dilengkapi air panas, ada yang shower maupun bath tube tergantung tipe kamarnya. Layanan televisi yang interaktif dan inovatif juga disediakan untuk memanjakan penumpang. Plus sofa dan meja. Kapal ini merupakan hotel mengapung yang menyediakan layanan bintang lima.

Selain ke Asia, kapal ini juga mengambil rute pelayaran di Amerika, dan Australia. Bahkan sebelumnya kapal ini belum lama kembali dari Barcelona, Spanyol. detikTravel berkesempatan mengikuti pelayaran dengan rute Singapura-Malaysia-Thailand dan kembali ke Singapura.

Selama pelayaran, penumpang dijamin tidak akan bosan. Para penumpang bisa berenang, berendam di kolam air hangat, menyaksikan pertunjukan ice show, menonton pertunjukan di teater La Scala yang menggunakan teknologi mutakhir sebagaimana yang digunakan oleh teater Broadway. Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk menikmati fasilitas ini.

Bagi yang suka berolahraga terdapat lapangan basket yang bisa dialihfungsikan untuk bermain futsal. Miniatur lapangan golf memfasilitasi Anda untuk memainkan olahraga ini. Kompetisi golf juga kerap digelar. Pemenangnya akan mendapatkan medali sebagai imbalan.

Anda bisa bermain inline skate atau ice skate di tempat yang telah disediakan. Anda juga bisa bermain tenis meja di atas kapal ini. Atau ingin menjajal rock climbing? Fasilitas ini pun disediakan, lengkap dengan peminjaman sepatu berbagai ukuran!

Anda yang ingin melewatkan waktu dengan buku, jangan khawatir. Sebab ada perpustakaan dengan aneka koleksi buku. Yang ingin berselancar di internet pun tidak perlu khawatir. Meski di laut, Anda tetap bisa keep in touch dengan keluarga di rumah melalui internet. Eit, tapi fasilitas internet ini tidak gratis. Anda harus mengeluarkan US$ 35 (Rp 315.000) untuk pemakaian internet selama 30 menit. Cukup mahal memang.

Bagi Anda yang suka berbelanja atau sekadar window shopping, bisa berlama-lama di area Royal Promenade, sebuah jalan berlantai marmer yang membentang sepanjang tiga per empat dari panjang kapal. Di jalan ini ada berbagai macam toko, seperti toko suvenir, minuman, pakaian, dan parfum.

Di jalan ini kadang digelar juga 'pasar kaget'. Saat detikTravel mengikuti pelayaran kapal pesiar pada 29 Mei-2 Juni 2012, sempat dijual aneka jenis jam tangan, tas pesta, topi, dan selendang yang dibanderol US$ 10 (Rp 90.000). Di saat lain dijual seperangkat perhiasan yang terdiri dari jam, gelang, dan kalung untuk perempuan atau jam, dompet, dan bolpen untuk pria yang sepaketnya dijual seharga US$ 19,99 (Rp 180.000).

Meski sepintas terlihat murah, namun sebaiknya Anda jangan mudah terbuai. Perhatikan dengan baik kualitas barang-barang tersebut. Karena bisa jadi ada barang yang cacat atau justru dengan harga yang sama bisa ditemukan barang serupa dengan kualitas yang jauh lebih baik di negeri sendiri.

Di Royal Promenade ini juga ada semacam kafe yang menyediakan aneka cemilan dan minuman. Ada croissant berisi daging kalkun dan keju, pizza keju, kue brownies, kue choco chips dan lainnya. Untuk minuman, Anda bisa mengambil sendiri kopi, teh, cokelat, atau air dingin. Tidak perlu keluar duit lagi untuk makan di kafe ini. Anda bisa makan sepuasnya!

Area Royal Promenade ini pun menjadi titik penyelenggaraan festival karakter DreamWorks. Ada Shrek dan Fiona, ada Po si Kungfu Panda, Jack si singa, dan sebagainya. Mereka berjalan hilir mudik sambil menari-nari dengan ceria. Menggemaskan!

Nurvita Indarini - detikNews