Pelabuhan Dumai Jadi Penunjang Perekonomian Rakyat

General Manager (GM) PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Pesero Cabang I Dumai mengatakan, bahwa pelabuhan Dumai memiliki peranan penting dan strategis dalam menunjang pertumbuhan ekonomi dan perdagangan baik di tingkatan lokal maupun nasional. Peran itu ditunjang dengan keberadaan Dumai yang terletak tidak jauh dari salah satu selat terpadat di Dunia yaitu Selat Malaka, Malaysia.

“Dilihat dari letak geografis, pelabuhan Dumai merupakan salah satu system transportasi laut internasional yang pantas dan layak dijadikan hubport dari Indonesia. Bagi pemerintah, pelabuhan menjadi faktor penting dalam menjalankan perekonomian. Sebab, pelabuhan adalah salah satu mata rantai dari seluruh proses perdagangan baik itu perdagangan antar pulau maupun internasional,” ungkap Harianja, GM PT Pelindo Dumai kepada DUMAISATU.com di ruang kerjanya.


Sebagai titik temu antar moda transportasi darat dan laut, peranan pelabuhan menjadi sangat vital dalam mendorong pertumbuhan perekonomian terutama daerah hinterland—nya. Pelabuhan menjadi tempat perpindahan barang dan manusia dalam jumlah massal. Menurutnya, hadirnya pelabuhan pada suatu daerah akan lebih menggairahkan perputaran roda perekonomian, berbagai jenis usaha akan tumbuh mulai dari skala kecil sampai dengan usaha skala internasional, harga-harga berbagai jenis produk akan lebih terjangkau mulai dari produksi dalam negeri sampai dengan luar negeri.

“Kehadiran sebuah pelabuhan, akan membuka cakrawala dalam membuka peluang usaha baru, membuka ruang-ruang bagi tumbuhnya produk-produk baru dari potensi daerah. Selama berada di pelabuhan, tentu para awak kapal akan turun dan melihat keindahan dan keramahan para penduduk Kota Dumai, berbelanja berbagai jenis kebutuhan untuk pelayaran selanjutnya. Dumai menjadikan Kota Dumai lebih hidup dan bergairah, industry tumbuh, perekonomian berputar dan berbagai jenis lowongan kerja terbuka,” kata Harianja menambahkan.

Sebelum mengakhiri, GM PT Pelindo Dumai mengingatkan untuk itu penting bagi masyarakat Dumai menjaga kekondusifan pelabuhan. Tidak hanya itu, masyarakat juga diharapkan mandiri dan mampu memanfaatkan peluang besar yang terbuka dengan keberadaan pelabuhan di Kota Dumai. Dengan adanya pemanfaatan seperti ini, menurut Harianja akan berdampak pada proses pengembangan pelabuhan Dumai, menjadi lebih megah lagi.